Chat with us, powered by LiveChat

Soal Dana Pembinaan Suporter, Ini Kata Dirigen Aremania

Yuli Sumpil angkat bicara soal rencana adanya dana pembinaan bagi suporter. Dirigen Aremania menyebut, ketimbang dipergunakan untuk program pembinaan suporter, dana bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat.

“Ketimbang untuk pembinaan, lebih baik dana ini untuk pihak lain yang lebih membutuhkan. Dana ini bisa untuk panti asuhan, panti jompo, atau pihak lain yang sangat membutuhkan saat ini,” ucap Yuli, kala ditemui di kediamannya, Jumat (01/03).

Sebelumnya, PSSI melakukan review pada sejumlah keputusan Komite Disiplin pada musim 2018 lalu. Peninjauan kembali dan penerbitan SK [Surat Keputusan] sesuai amanat kongres PSSI di Bali, 20 Januari 2019 lalu.

Salah satu poin yang ditinjau ulang adalah pelanggaran disiplin yang ditimbulkan oleh perilaku suporter.

PSSI memutuskan untuk mengembalikan sebagian nilai denda kepada klub sebagai dukungan finansial dalam program edukasi supporter yang harus dilakukan di klub. Keputusan sekaligus program ini, akan melibatkan semua klub peserta Liga 1 2018.

 

Menurut Yuli, ada konsep pembinaan yang lebih realistis bagi suporter. Tak perlu program muluk-muluk, PSSI tinggal merumuskan aturan yang jelas dan tegas.

“Aturan harus jelas. Apa yang boleh dan tak boleh dilakukan oleh suporter,” kata pria bernama asli Yuli Sugianto tersebut.

“Dibuatkan juga regulasinya, termasuk ancaman sanksi jika ada pelanggaran terhadap aturan tersebut,” sambungnya.

Yuli optimistis bahwa tanpa ada pembinaan secara resmi, suporter, khususnya Aremania, bisa berubah lebih baik. Pasalnya, menurut pria kelahiran 14 Juli 1976, di Aremania tak ada aturan baku. Namun, ia menegaskan bahwa Aremania tetap paham dan taat dengan aturan yang ada.

“Selama ini, yang terjadi Aremania, berlangsung secara alamiah. Selama ini pun tak ada masalah. Namun, jika memang ada rencana pembinaan seperti ini, alangkah lebih baik dibahas dulu dengan semua Aremania,” ujar Yuli.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *